Penghantaran kelas 6 MIN Kota Blitar Tahun 2017/2018

Minggu, 13 Mei 2018

Bertempat di Rumah Makan ayam Bakar Bu Mamik kota Blitar Kepala MIN Kota Blitar, Nanik Dwiyani melepas 77 siswa kelas VI tahun pelajaran 2017/2018. Setelah mengikuti Ujian Nasional siswa dan siswi kelas terakhir tersebut dinyatakan lulus sehingga berhak mendapatkan ijazah yang akan dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang SMP atau MTS.

Selain acara inti pelepasan siswa juga dipersembahkan berbagai ragam seni, mulai seni suara, seni musik dan seni tari. Yang disajikan oleh siswa-siswi MIN Kota Blitar.

“Alhamdulillah meski persiapan tidak begitu lama, namun acara pelepasan siswa pada hari ini bisa menyajikan berbagai ragam seni untuk disuguhkan kepada para orangtua dan wali siswa. Jika ada kekurangan selaku panitia kami mengucapkan maaaf yang sebesar-besarnya,” ujar Fitriatus Sholihah, selaku Ketua panitia.

Sementara itu Nanik Dwiyani, dalam sambutan pelepasannya mengemukakan, siswa kelas VI yang mengikuti UN sejumlah 77 dinyatakan lulus semua.

Pada kesempatan itu juga Nanik Dwiyani berpesan pada seluruh siswa yang pada hari itu di wisuda lulus dari kelas VI untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya. Misalnya meneruskan ke jenjang pendidikan selanjutnya sebagai wujud wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Oleh karena itu untuk orang tua dihimbau memberikan kesempatan seluas-luasnya pada putra-putrinya untuk melanjutkan sekolah. Selain itu juga tetap memberikan pengawasan kepada putra-putrinya dengan memberikan pendidikan karakter di rumah. Dengan memberikan contoh yang baik anak pasti akan meniru kebaikan orangtuanya dan sebaliknya.

“Mohon setelah anak-anak ini kami serahkan kembali kepada Bapak dan Ibu, maka tanamkanlah suri tauladan yang baik di rumah agar mereka menjadi anak-anak yang baik dan berbudi pekerti luhur,” tambahnya.

Di sisi lain Yuyun Erna Wati yang mewakili orang tua kelas 6 mengucapkan terima kasih pada Bapak dan Ibu guru yang telah membimbing anak-anak dari tidak biasa apa-apa menjadi siswa yang mempunyai berbagai pengetahun. Selain itu juga memohonkan maaf atas segala kesalahan para siswa selama mengikuti pendidikan di MIN Kota Blitar.

“Jasa Bapak dan Ibu guru cukup besar bagi kamu semua maka saya harapkan anak-anak semua tetap ingat pada Bapak dan Ibu gurumu sampai kapanpun agar ilmu yang kamu dapatkan bermanfaat kelak,” ujar Yuyun Ernawati yang juga pengurus Paguyuban kelas 6B.

Suasana bahagia dan haru mengiringi penghantaran siswa siswi kelas 6. Banyak siswa dan wali murid yang menahan air mata karena bahagia telah lulus namun juga sedih harus berpisah dengan para guru dan teman-teman.

Dengan diiringi lagu “Sayonara” para siswa saling bersalaman dengan para guru. Mereka pun tak mampu membendung air mata.

Selamat Jalan Anakku. Raihlah mimpimu. Semoga kelak engkau kan jadi anak yang bisa membanggakan orang tuamu.