Kerjasama MIN Kota Blitar Bersama JALEDRI di Kesambi Tree’s Park Kab. Blitar

 

Di Siswa siswi MIN Kota Blitar Sabtu, (12/10) mengikuti kegiatan outbond di alam terbuka 

Sepekan ini para siswa – siswi MIN Kota Blitar antusias mengikuti pembelajaran di luar kelas di wisata Kesambi Tree’s Park (Penagkaran Rusa Maliran) yang berada di Desa Jatinom Kec. Ponggok Kab Blitar,bersama tenaga spesialis yaitu Team JALEDRI. Kegiatan pembelajaran di luar kelas ini di sebut OUTBOND. Kegiatan sepekan ini dipergunakan para siswa – siswi untuk lebih mengenal lingkungan, alam terbuka serta melatih ketahanan mental.

Dalam kegiatan ini setiap harinya  di ikuti  oleh kurang lebih 80 – 90 siswa dan 5 guru pendamping setiap harinya selama satu minggu. Setiap jenjang mengikuti kegiatan secara bergiliran. Sehingga kegiatan ini diikuti secara maksimal, Selama kegiatan para siswa dan bapak/ ibu guru pendamping sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB kegiatan semacam ini direncanakan akan menjadi program tahunan di MIN Kota Blitar.

 

 

Di kegiatan outbound ini para siswa mengikuti Edukasi alami yang diajarkan instruktur

Kegiatan outbound ini sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan dasar, serta kerja sama pada diri anak-anak. Edukasi alami seperti main di sungai, mengamati hewan kepompong juga diajarkan serta dikenalkan permainan tradisional seperti engklek, grobak sodor. Dalam setiap sesi kegiatan anak-anak tetap dibiasakan jiwa disiplin, patuh aturan dan tanggungjawab. Sebagai penutup kegiatan mereka melaksanakan salat Dhuhur berjamaah dan makan siang.

 

Para siswa-siswi menikmati makan siang di sela – sela kegiatan outbond.

Di setiap sesi kegiatan anak-anak dibiasakan dengan disiplin, patuh aturan dan tata tertib yang diberlakukan,

mereka juga melaksanakan sholat berjamaah ketika waktu sholat tiba.

Dra. Nanik Dwiyani, M. Pd.I. selaku Kepala Sekolah MIN Kota Blitar menjelaskan tujuan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan karakter dan wawasan siswa-siswi agar menyatu dan mengenal lebih dekat dengan alam sekitar sehingga mereka dapat belajar secara langsung. Kegiatan ini sangat penting bagi anak-anak, di tengah maraknya perkembangan teknologi saat ini. Melalui outbound ini di harapkan anak-anak bisa untuk menjaga lingkungan, menjadikan anak gembira dan tidak putus asa sehingga mereka bisa terlatih untuk lebih berani dan kuat dalam menghadapi segala macam ujian dan rintangan dengan tantangan alam. Ke depannya diperlukan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua untuk menggali potensi anak sesuai dengan perkembangannya dan dikaitkan dengan lingkungan sekitarnya sehingga diharapkan akan terbentuk karakter yang tangguh, mencintai lingkungan dan sesuai dengan tumbuh kembangnya,” ujar Nanik Dwiyani (ER).