Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2020

Mengenakan sarung adalah ciri khas budaya leluhur bangsa kita. Bersarung adalah identitas yang patut menjadi kebanggaan dan di lestarikan. Sarung tanpa kancing, tanpa resleting, tanpa tali yang mengikat adalah penggambaran karakter bangsa yang fleksibel, dinamis, toleransi, beradaptasi tanpa sekat perbedaan, Gulungan kain di perut mengisyaratkan tentang silaturrahmi yang kuat.

Sarung itu sebuah pakaian yang penuh makna filosofi, sedangkan sandal jepit menggambarkan ciri anak  bangsa yang sederhana dan apa adanya, Sejauh apapun  langkahmu bertepi, sedalam apapun  pikiranmu di gali, sebanyak apapun ilmu yang kau cari, Hati dan jiwa tetaplah Santri Indonesia yang siap mengabdi pada Negeri.

Berdasarkan Keppres Nomor 22 Tahun 2015 Hari tersebut ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, Peringatan Hari Santri Tanggal 22 Oktober Tahun 2020 mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Bukan tanpa sebab tema kesehatan diangkat, di karenakan  berdasarkan fakta yang ada pada peringatan hari santri tahun ini, bangsa Indonesia sedang di timpa musibah, pandemi Covid-19.

Meski peringatan hari santri tahun ini berbeda dengan peringatan tahun tahun kemarin, di karenakan mewabahnya Covid-19, akan tetapi tidak mengurangi kehidmatan, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Blitar untuk memperingati hari santri itu sendiri, besar harapan kami selaku guru dan tenaga kependidikan, wabah ini segera berlalu, dan proses KBM berjalan sebagaimana biasanya, semoga dengan memperingati momen hari santri ini kita dapat meneladani sikap kedisiplinan para santri dan para kiai Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2020. (team work).