Visitasi Akreditasi (Daring) MIN Kota Blitar Tahun 2020

MIN Kota Blitar, yang tahun 2020 ini menjadi pilot projects dalam akreditasi secara daring, telah melakukan berbagai persiapan.Langkah pertama yang harus di lakukan dalam penilaian ini  adalah dengan meng-upload dokumen IPR (lndikator Pemenuhan Relatif) dan Dokumen Sekolah yang di upload melalui aplikasi Sispena 20.

Madrasah merupakan institusi pendidikan yang tumbuh dan berkembang oleh dan dari masyarakat. Madrasah dipahami sebagai lembaga pendidikan islam yang berada di bawah pembinaan Kementerian  Agama. Lembaga Pendidikan Madrasah ini telah tumbuh dan berkembang sehingga merupakan bagian dari budaya Indonesia karena ia tumbuh dan berproses bersama dengan seluruh proses perubahan dan perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat.

Kurun waktu cukup panjang yang dilaluinya, yakni kurang lebih satu abad, membuktikan bahwa lembaga pendidikan madrasah telah mampu bertahan dengan karakternya sendiri, yakni sebagai lembaga pendidikan untuk membina jiwa agama dan akhlak anak didik. Karakter itulah yang membedakan madrasah dengan sekolah umum, sehingga dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) 1989, madrasah didefinisikan sebagai “sekolah umum dengan ciri khas Islam”.

Setelah semua dokumen teruploud, maka pada hari Senin-Selasa tanggal 23-24 November 2020, dilaksanakan visitasi secara daring. Dua asesor yaitu lbu Nunung dari unsur perguruan tinggi (UM) dan lbi Narmi dari unsur pengawas Lumajang.

Penilaian dibagi dua hari, yaitu penilaian telaah dokumen, wawancara kepada informan.

Adapun informan yang dihadirkan sesuai juknis adalah:

1 orang kepala madrasah

1 orang komite

1 orang wakil wali murid

3 orang guru

1 tata usaha

1 pustakawan

Semua  informan ini telah berhasil menjawab dengan baik semua pertanyaan dari asesor. Semoga hal ini dapat berjalan dengan baik lancer. tak lupa Dra, Nanik Dwiyani, M. Pd. I mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang membantu dalam menghadapi penilaian tersebut. “Khususnya kepada dewan guru dan karyawan serta staf tata usaha MIN Kota Blitar, yang telah bekerja keras dan bekerja sama dalam mensukseskan akreditasi ini, beliau berharap madrasah yang dipimpinnya bisa mempertahankan predikat Terakreditasi A, seperti tahun 2015 kemarin kita meraih predikat A dengan jumlah nilai 89,00. Kali ini semoga nilai kita bisa naik dan predikat A kembali kita raih” tutur wanita berkacamata dan berparas cantik itu.selama proses akreditasi tidak ada kendala yang dihadapi, semuanya berjalan lancar dan sukses. tinggal menunggu hasilnya. Semoga ini semua bisa membuktikan kalau “Madrasah Lebih Baik – Lebih Baik Madrasah”.(team_work)