Inspektorat wilayah III, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Audit Kinerja Program BOS di MIN Kota Blitar

Kota Blitar, Inspektur Wilayah III (Irwil III) Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan audit kinerja program Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Diawali dengan pertemuan Kepala Madrasah negeri dan swasta se Kota Blitar, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Blitar, Jum’at (05/03).

Siti Nurjannah, Irwil III Itjen Kemenag selaku penanggung jawab tim audit kinerja program BOS Kementerian Agama mengatakan bahwasanya tim turun dalam rangka menilai keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsi satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama, maka perlu dilaksanakan audit kinerja program ini. Kepada seluruh Kepala Madrasah di harapkan agar dapat melaksanakan dan menerapkan semua pelaporan dana BOS berdasarkan petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis pelaporan dana BOS, jangan sampai salah dalam membuat laporan dan jangan sampai ada temuan,” ucap Mbak Inoeng panggilan akrabnya. Oleh karena itu sesama Kepala Madrasah supaya saling mengingatkan dan kepada anak buah atau tim di madrasah diperintahkan untuk selalu mentaati aturan supaya tertib dan terwujud penggunaan dana BOS secara akuntabel dan terlaksana dengan benar serta bisa dipertanggung jawabkan.

Selanjutnya Siti Nurjannah,  menjelaskan bahwasanya dasar tim Irwil III Itjen Kemenag ini turun berdasarkan PP Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, PMA Nomor 41 Tahun 2016 tentang Pengawasan Internal pada Kementerian Agama, PMA Nomor 42 Tahun 2016 Kementerian Agama, dan berdasarkan DIPA Irjen Kemenag tahun 2021 tertanggal 23 November 2020. Adapun Madrasah yang akan di lakukan audit kinerja program BOS tahun anggaran 2020 oleh Irwil III Kemenag RI adalah Madrasah negeri dan swasta di Kota Blitar diantaranya MIN Kota Blitar, Pelaksanaan audit kinerja program BOS di Madrasah itu sendiri dilaksanakan selama  8 hari dari tanggal 05 Maret  s.d 12 Maret 2021.

Ditemui di ruang kerjanya, disela-sela Audit, Dra, Nanik Dwiyani, M. Pd, I selaku Kepala MIN Kota Blitar menyambut baik atas kedatangan tim dari Itjen Kemenag dalam rangka audit kinerja program BOS di Madrasah. Nanik berharap dengan kedatangan Tim Itjen Kemenag ini, seluruh Kepala Madrasah yang akan diaudit dapat memberikan pelaporan yang tepat, benar, dan dapat di pertanggung jawabkan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dalam membuat laporan penggunaan dana BOS Madrasah.(team work)