MIN Kota Blitar Madrasah Layak Anak

MIN Kota Blitar Madrasah Layak Anak

 

Kota Blitar, 10 Juni 2021. Kota Blitar menargetkan bisa meraih predikat Kota Layak anak kategori Nindya pada tahun 2021 ini. Sebagai Madrasah yang ada di wilayah Kota Blitar, tentu saja MIN Kota Blitar ikut berperan aktif melalui program Sekolah Ramah Anak.
Sebenarnya MIN Kota Blitar telah mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak pada tanggal 8 November 2019. Dengan pendeklarasian tersebut menumbuhkan komitmen, untuk mempersiapkan lingkungan sekolah yang peduli terhadap tumbuh kembang anak, menjamin terlindunginya hak-hak yang di miliki anak tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, etnik, budaya dan bahasa.
Salah satu Pemenuhan lingkungan sekolah yang peduli terhadap tumbuh kembang anak adalah ditunjukkan dengan penyediaan sarana bermain yang menunjang Pendidikan sehingga mampu menumbuhkan karakter, bakat, kondisi mental, dan kemampuan fisik anak dan mengajarkan mereka pemahaman, perdamaian, dan kesetaraan gender, persahabatan antarmanusia, dengan tetap menghormati budaya sendiri dan orang lain.
Penyediaan alat permaianan tradisional seperti dakon, papan titian, permaianan jamuran, ular naga, congklak yang tetap diajarkan kepada anak-anak di sela waktu istirahat sekolah diharapkan dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik, kemampuan berbahasa, kognitif serta sosialisasi dengan lingkungan. Selain itu juga bermanfaat bagi aspek perkembangan secara keseluruhan
Sarana permaianan olah raga seperti tenis meja dan bulu tangkis juga menjadi pilihan waktu istirahat mereka, sehingga membantu anak tumbuh menjadi individu yang aktif dan sehat. Selain menunjang proses pertumbuhan dan perkembangannya, aktivitas fisik diharapkan berguna bagi kesehatan mental anak.
Sementara itu Pojok Baca yang tersedia di setiap sudut kelas dan area bermain yang lain, dapat dijadikan pilihan bagi anak yang gemar membaca, menambah wawasan serta belajar menjadi manusia yang memiliki literasi informasi, sehingga unggul dalam persaingan di era global dimana kehidupan masyarakat sudah berbasis informasi.
Di sudut lain, di depan pelayanan PTSP MIN Kota Blitar juga tersedia arena bermain untuk Balita, yang diperuntukkan bagi tamu Madrasah yang berkunjung dengan membawa buah hati yang masih kecil dapat memanfaatkan sarana ini. Selain itu tersedia pula ruang laktasi juga untuk tersedia bagi tamu yang ingin menyusui, sebagai wujud MIN Kota Blitar Ramah Anak.