Pelatihan Lesson Study MIN Kota Blitar Kerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan Surabaya

 

Kota Blitar (warta MIN) – Bertempat di Ruang Multimedia MAN Kota Blitar selama satu minggu, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, Guru sebagai Tenaga Profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan, oleh karena itu guru haruslah mengembangkan profesionalitasnya, melalui pengembangan profesi.

Pengembangan Profesi adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu dan pengetahuan, teknologi dan keterampilan untuk peningkatan mutu baik bagi proses pembelajaran dan profesionalisme tenaga pendidikan dalam rangka menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Guru dan dunia pendidikan.Dengan latar belakang tersebut, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar melaksanakan Pelatihan dengan bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan Surabaya,  untuk pelaksanaan Pelatihan Lesson Study, yang dilaksanakan di MAN Kota Blitar, selama 6 hari tanggal 13-18 Desember 2021. Kegiatan ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari guru MIN Kota Blitar dan Guru DPK di Madrasah Swasta yang ada di lingkungan Kementerian Agama Kota Blitar

Hari  Pertama kegiatan Diklat, dibuka oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Blitar  H. Taufiq Djalil, MM   sekaligus memberikan materi tentang Pembangunan Bidang Agama, Materi selanjutnya adalah Building Learning Commitmen (BLC) dan Permasalahan Pembelajaran yang disampaikan oleh Ninik Supriyati, S. Si, M. Pd Widyaiswara Ahli Madya BDK Surabaya

Hari kedua kembali Widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya menyampaikan materi Konsep Lesson Study dan Permasalahan pembelajaran. Kemudian materi dari Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya Dr. H. Japar, M.Pd yaitu Nilai-nilai dasar Sumber Daya  Manusia Kementerian Agama.

Hari ketiga Pelatihan Lesson Study dengan Narsum  Machzudi, S. Ag, M.Si Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagaamaan Balai Diklat Keagaamaan Surabaya dengan materi tahapan dalam Lesson study, penyusunan plan, pelaksanaan open class, dan tahapan see dalam lesson study.

Hari keempat sampai keenam pelatihan adalah kegiatan refleksi kegiatan pelatihan lesson Study di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar, dan acara penutupan, dengan harapan kegiatan Lesson study ini dapat terus dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar sebagai upaya peningkatan mutu guu MIN Kota Blitar sehingga mampu mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat, Madrasah Mandiri Berprestasi. (Team_Work)